Begini Antusiasme dan Kebahagiaan Warga dalam Acara Semarak Ramadhan Di Ponpes Assunnah

CIREBON – Acara Semarak Ramadhan digelar Ponpes Assunnah jelang datangnya bulan suci tersebut. Ada Bazar Murah, Tablgih Akbar, Bakti Sosial dan juga Pengobatan Gratis.

 

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, ada pula kegiatan yang sangat ditunggu oleh warga masyarakat sekitar wilayah Ponpes Assunnah, yaitu Pembagian Sembako Gratis, Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim.

 

Pembagian sembako sendiri dilakukan di hari Rabu (16/5/2018). Sembako diberikan untuk warga sekitar dan sebagian karyawan Ponpes Assunnah.

 

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh H. Dudung M.Yunus, selaku penanggung jawab kegiatan semarak Ramadhan 1439 H.

 

Antusiasme warga begitu terlihat dengan ramainya warga yang datang. Meskipun begitu, warga tetap tertib dan menunggu dengan tenang ditempat yang sudah disediakan panitia.

Foto 1 : Suasana pembagian sembako

 

“Alhamdulillah Pembagian sembako tahun ini jauh lebih tertib dan teratur dibanding tahun lalu, warga begitu antusias dan bahagia dengan kegiatan ini. Meskipun begitu mereka tetap tertib,” terang H. Dudung.

 

Koordinator Kegiatan Pembagian Sembako Gratis, Erick Arizal menyebut bahwa ada sekitar 320 paket sembako yang didistribusikan. Paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, mie instan dan gula ini. 200 diantaranya dibagikan kepada warga sekitar dan 120 paket untuk sebagian karyawan Ponpes Assunnah.

 

Santunan Anak Yatim

Foto 2 : Foto bersama anak yatim 

 

Setelah pembagian sembako gratis selesai, Ponpes Assunnah Cirebon melalui acara semarak Ramadhan ini kembali melanjutkan kepada acara berikutnya, yaitu santunan anak yatim. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 13.30 WIB.

 

Bagi siapa pun yang menyantuni anak yatim, sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri pernah memberikan kabar gembira. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori ;

 

عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

 

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.”

 

Karenanya Ponpes Assunnah Cirebon terus berusaha untuk memfasilitasi para muhsinin agar tepat sasaran dalam menyalurkan kelebihan harta yang mereka miliki. Ponpes Assunnah sendiri berharap agar bisa terus menerus mengadakan acara-acara seperti ini dalam setiap kegiatan tahunannya.

 

“Untuk tahun ini ada sekitar 30 anak yatim yang kita santuni bagi warga sekitar dan sebagian anak karyawan Assunnah, namun yang datang hanya setengahnya,” tutup Erick Rizal.

 

Untuk diketahui, acara pembagian sembako gratis dan santunan anak yatim merupakan acara puncak dari Kegiatan Semarak Ramadhan Termin yang pertama. Memasuki bulan Ramadhan, kegiatan Semarak Ramadhan lebih difokuskan dalam hal peningkatan wawasan keilmuan seperti Tabligh Akbar, Pesantren Kilat, Daurah Pelajar dan Mahasiswa, serta Kursus Bahasa Arab Dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *