Pesantren Mahasiswa (PASMA)

PROGRAM PESANTREN MAHASISWA (PASMA)

PONPES ASSUNNAH CIREBON

LATAR BELAKANG

Persoalan-persoalan di masa depan yang akan dihadapi oleh generasi sekarang tidak dapat diprediksi dengan akurat.  Perkembangan pola pikir, gaya hidup dan teknologi dipastikan akan merubah budaya bangsa ini secara umum.  Sistem informasi yang tidak mungkin lagi terbendung, beredar bebas menjadi katalis betapa cepatnya perubahan-perubahan itu terjadi. Lebih ekstrim adalah terjadinya revolusi nilai-nilai.

Tentunya, hegemoni nilai-nilai yang dilahirkan masyarakat di negeri-negeri adikuasa akan semakin dirasakan oleh negeri seperti Indonesia. Tidak lagi dikawatirkan kultur dasar bangsa yang elok ini akan tercampur peradapan yang hanya berorientasi pada untung-rugi, bagaimana bertahan hidup dalam persaingan global, hedonis dan liberalis.  Namun sebuah keniscayaan bangsa ini menjadi bagian dari peradapan kotor itu.

Rakyat negeri ini sangat rentan dengan benturan ideologis. Setiap pemikiran baru yang belum pernah digagas sebelumnya sering dianggap sebagai “mukzizat” yang akan membawa bangsa ini menuju kejayaan.  Orang-orang yang berpegang teguh pada prinsip dan masa lalu dianggap puritan dan terbelakang. Dan inilah pintu dari berawalnya kerusakan negeri ini, karena permisifnya bangsa ini menerima ideologi baru yang tidak tertimbang dengan alat takar yang tepat.  Atheisme, Sosialisme, Liberalisme, dan ideologi-ideologi lain yang jauh dari dasar pijakan negeri ini akan menjadi endemik di Indonesia.  Dan sesungguhnya kehancuran bangsa ini bukan disebabkan serangan ribuan serdadu Negara asing, namun dari penyusupan cara berpikir yang menyesatkan rakyatnya.  Dan sejarah telah mencatatnya.

Mahasiswa, suatu masa yang paling potensial untuk membangun sebuah pola pikir yang ideal, dalam rangka mempersiapkan generasi tangguh yang akan menyelamatkan keadaan bangsa ini dari keterpurukan.  Suasana intelektual dan jiwa progresif melekat pada pada umumnya individu mereka, yang membuka pintu pemekiran mereka untuk menerima perubahan.  Meskipun pada masa ini kita sering menjumpai situasi sebaliknya, perilaku mereka jauh dari prinsip intelektualitas, justru perlahan mulai mengarah pada perilaku yang mengawatirkan.  Perilaku  mereka bahkan memasuki ranah kejahatan. Bahkan sebagian mereka menjadi “agen” perusak generasi masa depan dengan narkoba dan kejahatan lainnya.

Kita perlu menyelamatkan mereka.  Meskipun dengan upaya kecil namun maksimal maka insya Allah akan membawa efek besar.  Oleh karena itu Bidang Dakwah Yayasan Assunnah mendirikan lembaga yang berbasis pesantren untuk kalangan mahasiswa dengan kurikulum yang telah disesuaikan.  Dengan izin Allah Subhanahu wa Ta`ala, mereka yang bergabung dalam program ini kelak akan menjadi perintis gerakan dakwah untuk perubahan dari kampus-kampus untuk Indonesia.

 

Tujuan

1. Memberikan pembelajaran tentang Islam berdasarkan Al-Qur`an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman sahabat

2. Memberikan pembekalan ibadah sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi salallahu`alaihi wasalam

3. Memberikan pembekalan akhlak yang mulia

4. Memberikan pembekalan kepada mahasiswa untuk menjadi kader dakwah yang menyampaikan Islam dengan metoda yang benar di lingkungan kampus

VISI

Membentuk karakter mahasiswa dengan landasan Al-Qur’an dan Assunnah menurut pemahaman Salaful Ummah.

MISI

1. Memberikan pemahaman aqidah yang lurus

2. Mengadakan pengajaran dan pembiasaan dalam beribadah sesuai dengan sunnah Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam

3. Memberikan pembelajaran bahasa arab dasar (teknik membaca kitab berbahasa arab, meng-i’rab, dan memahami isi bacaan)

4. Menyelenggarakan pembelajaran khusus Al-Qur’an (tahsin dan tahfidz)

5. Mencetak mahasiswa yang siap berdakwah dan menjadi contoh yang mulia di lingkungan kampusnya

Materi Pembelajaran

1. Aqidah

2. Manhaj

3. Fiqh

4. Akhlak & Adab,

5. Bahasa Arab

6. Tahsin & Tahfidz Al-Qur`an

 

Tempat Pembelajaran

  • Ikhwan di komplek Masjid Al-Bina Jl. Satria Kesambi Kota Cirebon
  • Akhwat di komplek Assunnah

Waktu Pembelajaran

Proses Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan mulai pukul 16.00 – 17.00 WIB setiap hari, kecuali hari libur (ahad)

Staf Pengajar

1. Ustadz Muhammad Assunde, Lc

2. Ustadz Muksin, BA

3. Ustadz Aziz Rahman, Lc

4. Ustadz Hamzah Ta`adi

5. Ustadz Helmy Shodiqi, S.Si

6. Ustadz Abdullah, Lc

7. Ustadz Abdusalam, Lc

8. Ustadz Rizal, Lc

9. Ustadz Insan, Lc

10. Ustadzah Kusuma

11. Ustadzah Sakhiyah

 

Info Pendidikan

‘Ami Aef (0877 1041 1105)