BERITADAKWAHMasjid Jami' Assunnah

MULTAQO TAKMIR MASJID

Tema “Memaksimalkan Fungsi Masjid Untuk Umat”
Waktu : Sabtu, 22 Januari 2022, Pkl. 08.00 WIB – Selesai
Tempat : Masjid Jami’ As Sunnah
Penyelenggara : Bidang Dakwah Yayasan AsSunnah Cirebon

Hasil Paparan :
Ust. Muadin (Kabid Dakwah Yayasan As Sunnah)

1.) Memakmurkan Masjid ada 2 bentuk. Pertama Membangun Masjid, Membangun Masjid ini termasuk memelihara dan menjaga fasilitas serta kebersihan dan kenyamanan Masjid. Kedua adalah Memakmurkan Masjid dari sisi Ibadah. Sesungguhnya orang2 yang memakmurkan masjid ini (DKM) adalah orang2 beriman. Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman “Sesungguhnya yang (pantas) memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang2 yang beriman kepada hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan takut kepada Allah.” [QS. At Taubah : 18] Masjid menjadi tempat utama umat untuk mendirikan dan melaksanakan sholat.
2.) Setelah melaksanakan shalat, lalu kedua adalah menggiring umat kepada majelis2 Ilmu yang diadakan oleh Masjid. Disini Umat diberikan Pemahaman tentang Syariat Agama Islam, tentang Agama yang haq. Beliau menutup dengan sebuah ayat Al Quran “Dan datanglah dari ujung kota, seorang laki-laki dengan bergegas-gegas, ia berkata ‘Hai Kaumku, ikutilah utusan-utusan itu’.” [QS. Ya Sin : 20]

Ust. Said Riyana (Mudir Yayasan As Sunnah)

Memfokuskan masjid sebagai pusat dakwah untuk masyarakat. Diharapkan umat itu paham, tentang islam, umat paham bagaimana beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan mereka juga paham perkara2 yang membatalkan islam dan ini hal yang mulia.
Saat ini komunikasi yang terjalin antara Bid. Dakwah AsSunnah dengan masjid2 ini sudah cukup baik.
Diharapkan dibawah komando Ustadz Muadin, koordinasi2 dengan masjid akan lebih terjalin dengan baik.

Ust. Muhammad Assunde (Kasubid Pembinaan dan Kaderisasi)

Kaitan dengan Amaliah, Ibadah dan Sosial yang sesuai dengan Tuntunan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Bagian yang terpenting dari semua itu adalah kemakmuran masjid itu sendiri. Dan itu tidak bisa dilalui kecuali dengan belajar/kajian. Maka Bidang Dakwah bag. Kaderisasi membuat program secara khusus dan terstruktur. Selama ini sudah terjalin kerjasama antara Bidang Dakwah dan Masjid2 binaan. diantara program2 yang telah berjalan, secara khusus di gagas untuk mengadakan kerjasama adanya Majelis belajar yang melibatkan aktif keaktifan DKM. Jadi nanti masing2 DKM mengirim anggota terbaiknya untuk dididik/belajar di AsSunnah. Waktunya 2 hari per pekan (malam sabtu dan malam ahad) dari ba’da Maghrib – ba’da Isya. Dengan materi terstruktur untuk mengenal agama islam selama setahun dua tahun. Maka diminta kerjasamanya kepada DKM untuk mengirimkan kader2 terbaiknya untuk mengikuti program tersebut.

Demikian resume kegiatan pertemuan takmir masjid se wilayah III Cirebon hari ini.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker