ARTIKELTafsir Al-Qur'an

Tafsir Surat Al-Lail

Tafsir Surat AlLail

( Malam )

Surat Makkiyyah

Surat Ke-92 : 21 Ayat

 

Membaca Surat Al-Lail Dalam Shalat ‘Isya

Sebelumnya telah disebutkan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada Mu’adz:

هَلَّا صَلَيْتَ بِــ: سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَى, وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَ, وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰى؟

“Mengapa engkau tidak shalat dengan membaca surat al-A’laa, surat asy-Syams, dan surat al-Lail?

 

بِسْمِ اللهِ الَرْحَمنِ الَرحِيمِ

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

 

ALLAIL, AYAT 1-11

وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰى، وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰى، وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰى، اِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتّٰى، فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰى، وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰى، فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰى، وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰى، وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰى، فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰى، وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓ

“Demi malam apabila menutupi (cahaya siang) (1) demi siang apabila terang benderang (2) demi penciptaan laki-laki dan perempuan (3) sungguh, usahamu memang beraneka macam (4) Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa (5) dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga) (6) maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan) (7) dan adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah) (8) serta mendustakan (pahala) yang terbaik (9) maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan) (10) dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa.” (11)

 

 

Sumpah Atas Keanekaragaman Usaha Manusia Dan Penjelasan Tentang Perbedaan Hasilnya

Allah Subhanallahu wa ta’ala bersumpah dengan, {وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰى} “Malam apabila menutupi (cahaya siang). “Yakni, apabila malam telah menutupi seluruh makhluk dengan kegelapannya. {وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰى} “Demi siang apabila terang benderang,” yakni dengan cahaya dan sinarnya.

Sumpah Allah Subhanallahu wa ta’ala {وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰىٓ} “Demi penciptaan laki-laki dan perempuan,” adalah seperti firman Allah {وَّخَلَقْنٰكُمْ اَزْوَاجًا} “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan.” (QS.  An-Naba’: 8) Dan seperti firman-Nya, {وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ} “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan.” (QS. Adz-Dzaariyaat: 49)

Ketika sumpah di sini adalah dengan sesuatu yang berlawanan (yakni siang dan malam, laki-laki dan perempuan), maka obyek sumpah yang dituju juga berlawanan. Karena itu, Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman, {اِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتّٰى} “Sungguh, usahamu memang beraneka macam.” Yakni, amal perbuatan para hamba yang telah mereka lakukan, juga berlawanan dan beraneka ragam. Ada yang berbuat kebaikan, dan ada pula yang berbuat kejahatan.

Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman, {فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰى} “Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa.” Yakni, memberikan harta yang diperintahkan untuk dikeluarkan, dan bertakwa kepada Allah dalam urusan-urusannya. {وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰى} “Dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (Surga),” yakni membenarkan adanya pembalasan atas perbuatannya. Demikianlah Qatadah menafsirkannya. Khashif menafsirkan al-husnaa dengan pahala.

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰى} “Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan).” Ibnu ‘Abbas menafsirkannya, “Yakni menuju kebaikan.”

Kemudian Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman, {وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ} “Dan adapun orang yang kikir,” dengan harta yang ia miliki. {وَاسْتَغْنٰى} “Dan merasa dirinya cukup.” ‘Ikrimah berkata dari Ibnu ‘Abbas Radiyallahu ‘anhuma, “Yakni kikir dengan hartanya, dan merasa dirinya tidak memerlukan pertolongan Allah Subhanallahu wa ta’ala.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim {وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰى} “Serta mendustakan (pahala) yang terbaik,” yakni mendustakan pahala di alam akhirat nanti. {فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰى} “Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran,” yakni menuju jalan kesengsaraan. Sebagaimana firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {وَنُقَلِّبُ اَفْـِٕدَتَهُمْ وَاَبْصَارَهُمْ كَمَا لَمْ يُؤْمِنُوْا بِهٖٓ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّنَذَرُهُمْ فِيْ طُغْيَانِهِمْ يَعْمَهُوْنَ} “Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka, seperti pertama kali mereka tidak beriman kepadanya (al Quran), dan Kami biarkan mereka bingung dalam kesesatan.” (QS. Al-An’am: 110)

Banyak ayat-ayat yang menujukan makna demikian; bahwa Allah Subhanallahu wa ta’ala akan membalas orang yang bermaksud mengerjakan kebaikan dengan cara memberi pertolongan kepadanya. Dan terhadap orang yang bermaksud mengerjakan kejahatan, Dia Subhanallahu wa ta’ala membiarkannya. Semua itu sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Dan hadits-hadits yang menunjukkan makna demikian jumlahnya banyak.

Riwayat Abu Bakar ash-Shiddiq Radiyallahu ‘anhu. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Bakar ash-Shiddiq Radiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, ‘Wahai Rasulullah, apakah kami beramal berdasarkan perkara yang sudah ditetapkan atau berdasarkan perkara yang baru dimulai?’ Beliau menjawab:

بَلْ عَلَىٰ أَمْرٍ قَدْ فُرِغَ مِنْهُ

‘Berdasarkan perkara yang sudah ditetapkan.’

Abu Bakar bertanya, ‘Lalu untuk apa amal itu wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab:

كُلٌّ مَيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ

“Setiap orang dimudahkan (untuk melakukan) apa yang (memang) dia diciptakan untuk itu.”

Riwayat ‘Ali Radiyallahu ‘anhu. Al-Bukhari meriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib Radiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Ketika kami menghadiri pemakaman seorang jenazah di Baqi’ al-Gharqad, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tiba, lalu beliau duduk dan kami pun ikut duduk di sekeliling beliau. Di tangannya ada sebuah tongkat, lalu beliau menunduk dan menggaris-garis tanah dengan tongkat tersebut. Kemudian beliau bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ -أَوْ مَا مِنْ نَفْسٍ مَنْفُوسَةٍ- إِلَّا قد كُتِبَ مَكَانُهَا مِنَ الجَنَّةِ  وَ النَّارِ وَ إِلَّا قَدْ كُتِبَتْ شَقِيَّةً أَوْ سَعِيدَةً

“Tidak seorang pun dari kalian –atau tidak ada jiwa yang bernafas- kecuali sudah ditulis ditempatnya, apakah di Surga ataukah di Neraka. (Dan tidak seorang pun dari kalian), kecuali sudah ditulis apakah dia sengsara atau dia bahagia.”

Lalu seorang laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah, tidakkah kami bergantung saja kepada apa yang telah ditulis bagi kami, dan kami tidak perlu lagi beramal? Barangsiapa di antara kami yang sudah ditetapkan termasuk orang-orang berbahagia, maka ia akan menjadi orang yang berbahagia. Dan siapa di antara kami yang sudah ditulis termasuk orang-orang yang sengsara, maka dia akan menjadi orang yang sengsara?” Beliau menjawab:

أَمَّا أَهْلُ السَّعَادَةِ فيُيَسَّرُونَ لِعَمَلِ أهْلِ السَّعَادَةِ، وأَمَّا أهْلُ الشَّقَاوَةِ فيُيَسَّرُونَ لِعَمَلِ أهْلِ الشَّقَاءِ

“Adapun orang-orang yang berbahagia, maka mereka akan dimudahkan untuk melakukan amal orang-orang yang berbahagia. Adapun orang-orang yang sengsara maka mereka akan dimudahkan untuk melakukan amal orang-orang yang sengsara.” Kemudian beliau membaca ayat,

{ فَأَمَّا مَن أَعْطَى وَاتَّقَى، وَصَدَّقَ بالحُسْنَى، فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى، وَأَمَّا مَن بَخِلَ وَاسْتَغْنَى، وَكَذَّبَ بالحُسْنَى فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى}

“Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa. Dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (Surga). Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan). Dan adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah), serta mendustakan (pahala) yang terbaik. Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan).”
Hadits ini juga diriwayatkan oleh penyusun al-Kutubus Sittah lainnya.

 

Riwayat ‘Abdullah bin ‘Umar. Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “’Umar berkata, ‘Wahai Rasulullah! Apa pendapatmu tentang amal yang kami lakukan, apakah untuk perkara yang sudah ditetapkan atau untuk sesuatu yang baru dimulai,, atau untuk perkara yang diada-adakan?” Beliau menjawab:

فِيْمَا قدْ فُرِغَ مِنْهُ، فَاعْمَلْ يَا ابْنَ الْخَطَّابِ، فَإِنَّ كُلَّا مُيَسَّرٌ، أَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ السَّعَادَةِ فَإِنَّهُ يَعمَلُ لِلسَّعَادَةِ، وَأَمَّامَنْ كَانَ مِنْ أَهلِ الشَّقَاءِ، فَإِنَّهُ يَعمَلُ لِلشَّقَاءِ

“Untuk perkara yang telah ditetapkan, maka teruslah beramal wahai Ibnul Khaththab! Karena setiap orang itu dimudahkan. Adapun siapa yang termasuk orang-orang yang berbahagia, maka dia bermal untuk kebahagiaan. Sedangkan siapa yang termasuk orang-orang yang sengsara, maka dia beramal untuk kesengsaran.” Hadits ini juga diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dalam kitab al-Qadar dan ia menyatakan bahwa hadits tersebut hasan shahih.

Riwayat Jabir. Ibnu Jarir meriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah, bahwa ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah kita beramal untuk perkara yang sudah ditetapkan atau untuk perkara yang baru dimulai?” Beliau menjawab:

لِأَمْرٍ قَدْ فُرِغَ مِنْهُ

“Untuk perkara yang telah ditetapkan.”

Maka Suraqah bertanya, “Lalu untuk apa kita beramal kalau begitu?” Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab:

كُلُّ عَامَلٍ مُيَسَّرٌ لِعَمَلِهِ

“Setiap orang yang beramal dimudahkan untuk melaksanakan amalnya.”
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim.

Ibnu Jarir meriwayatkan dari ‘Amir bin ‘Abdullah bin az-Zubair, ia berkata, “Abu Bakar Radiyallahu ‘anhu memerdekakan (hamba sahaya) atas dasar Islam di Makkah. Ia memerdekakan orang-orang tua dan kaum wanita, jika mereka masuk Islam. Lalu ayahnya berkata kepadanya, ‘Wahai anakku, aku telah melihatmu memerdekakan kaum lemah. Bagaimana jika kmu memerdekakan kaum lelaki yang kuat. Mereka akan membantumu, mengawal dirimu dan membelamu.’ Lalu Abu Bakar berkata, ‘Wahai ayahku, sungguh aku hanya ingin –aku mengira ia berkata- pahala di sisi Allah.” ‘Amir berkata, “Kemudian sebagian dari keluargaku menyampaikan kepadaku bahwa ayat ini diturunkan padanya, “Maka barangsiapa memberikan hartanya di jalan Allah dan bertakwa. Dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (Surga). Maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan).”

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓ} “Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa.” Mujahid menafsirkannya, “Yakni Apabila ia mati.” Abu Shalih dan Malik berkata dari Zaid bin Aslam, “Yakni apabila ia binasa dalam api Neraka.”

 

AL-LAIL, AYAT 12-21

اِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدٰى، وَاِنَّ لَنَا لَلْاٰخِرَةَ وَالْاُوْلٰى، فَاَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظّٰى، لَا يَصْلٰىهَآ اِلَّا الْاَشْقَى، الَّذِيْ كَذَّبَ وَتَوَلّٰى، وَسَيُجَنَّبُهَا الْاَتْقَى، الَّذِيْ يُؤْتِيْ مَالَهٗ يَتَزَكّٰى، وَمَا لِاَحَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰىٓ، اِلَّا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْاَعْلٰى، وَلَسَوْفَ يَرْضٰى

“Sesungguhnya Kamilah yang memberi petunjuk (12) dan sesungguhnya milik Kamilah akhirat dan dunia itu (13) Maka Aku memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala (14) yang hanya dimasuki oleh orang yang paling celaka (15) yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman) (16) Dan akan dijauhkan darinya (neraka) orang yang paling bertakwa (17) yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkan (dirinya) (18) dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya (19) tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridaan Tuhannya Yang Mahatinggi (20) Dan niscaya kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).” (21)

Petunjuk Dan Lainnya Berada Di Tangan Allah

Qatadah menafsirkan ayat, {اِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدٰى} “Sesungguhnya Kami lah yang memberi petunjuk.” Yakni, Kami menjelaskan yang halal dan yang haram. Sedangkan ulama lainnya berkata, “Barangsiapa yang menempuh jalan petunjuk, maka ia sampai kepada Allah.” Dan pendapat ini menjadikan maknanya seperti firman Allah Subhanallahu wa ta’ala {وَعَلَى اللّٰهِ قَصْدُ السَّبِيْلِ} “Dan hak Allah menerangkan jalan yang lurus.” (QS. An-Nahl: 9) Hal ini disebutkan oleh Ibnu Jarir.

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala {وَاِنَّ لَنَا لَلْاٰخِرَةَ وَالْاُوْلٰىۗ} “Dan sesungguhnya milik Kami-lah akhirat dan dunia itu.” Yakni semuanya milik Kami, dan Aku-lah yang mengatur semua urusan dunia dan akhirat.

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {فَاَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظّٰىۚ} “Maka Aku memperingatkan kamu dengan Neraka yang menyala-nyala.” Mujahid menafsirkannya, “Yakni berkobar-kobar.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Simak bin Harb, ia berkata, “Aku mendengar an-Nu’man bin Basyir berkhutbah, seraya berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkhutbah, beliau bersabda:

أَنْذَرْتُكُمُ النَّارَ

‘Aku memperingatkan kalian terhadap adzab api Neraka.’

An-Nu’man berkata, ‘Bahkan seandainya ada orang yang berada di pasar, pasti ia mendengarnya dari tempatku ini. Bahkan pakaian yang ada di pundak beliau pun terjatuh di depan kedua kakinya.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Ishaq, aku mendengar an-Nu’man bin Basyir berkhutbah, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ أهْوَنَ أهْلِ النَّارِ عَذابًا يَومَ القِيامَةِ لَرَجُلٌ تُوضَعُ في أخْمَصِ قَدَمَيْهِ جَمْرَتانِ، يَغْلِي منهما دِماغُهُ

“Penghuni Neraka yang paling ringan adzabnya di hari kiamat nanti ialah seorang laki-laki, yang di bawah telapak kedua kakinya diletakkan dua bara api, sehingga otaknya mendidih.”
Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhari.

Muslim meriwayatkan dari Abu Ishaq, dari an-Nu’man bin Basyir, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ أهونَ أهلِ النَّارِ عذابًا من لهُ نَعلانِ و شِراكانِ مِن نارٍ ، يَغلي مِنها دماغُه كما يَغلي المِرْجَلُ ما يَرى أنَّ أحدًا أشدَّ منهُ عذابًا ، و إنَّهُ لأهوَنُهم عَذابًا

“Sesungguhnya penghuni Neraka yang paling ringan adzabnya ialah orang yang memakai sepasang sandal dan sepasang talinya dari api Neraka. Otaknya mendidih karenanya sebagaimana mendidihnya ketel. Dia tidak mengira bahwa ada seseorang yng lebih berat adzabnya daripada dirinya, padahal sesungguhnya dialah penghuni Neraka yang paling ringan adzabnya.”

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {لَا يَصْلٰىهَآ اِلَّا الْاَشْقَىۙ} “Yang hanya dimasuki oleh orang yang paling celaka.” Yakni, Neraka yang mengelilinginya dari segala penjuru itu hanya dimasuki oleh orang yang paling celaka.

Kemudian Allah menafsirkannya dengan firman-Nya, {الَّذِيْ كَذَّبَ} “Yang mendustakan (kebenaran),” yakni mendustakan dengan hatinya. {وَتَوَلّٰى} “Dan berpaling (dari iman),” yakni berpaling dari amal shalih dengan seluruh fisik dan organ tubuhnya.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى

“Seluruh umatku akan masuk Surga pada hari Kiamat nanti, kecuali orang yang enggan memasukinya.”

Beliau ditanya, “Dan siapakah orang yang enggan itu wahai Rasulullah?” Beliau bersabda:

مَنْ أَطَاعَنِي دخلَ الجنةَ ، و مَنْ عَصانِي فقد أبَى

“Barangsiapa yang taat kepadaku, maka ia masuk Surga. Dan barangsiapa yang membangkang terhadapku, maka (berarti) ia enggan (masuk Surga).”
Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhari.

Selanjutnya firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, {وَسَيُجَنَّبُهَا الْاَتْقَىۙ} “Dan akan dijauhkan darinya (Neraka) orang yang paling bertakwa.” Yakni orang yang bertakwa, yang bersih hatinya dan yang paling bertakwa, dihindarkan dari Neraka.

Kemudian Allah menafsirkannya dengan firman-Nya, {الَّذِيْ يُؤْتِيْ مَالَهٗ يَتَزَكّٰىۚ} “Yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkan dirinya.” Yakni membelanjakan hartanya dalam ketaatan kepada Rabb-nya untuk membersihkan jiwa dan hartanya, serta agama dan dunia yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya.

Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman, {وَمَا لِاَحَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰىٓۙ} “Dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya.” Dia memberikan hartanya bukan dalam rangka membalas orang yang mempersembahkan suatu kebaikan kepadanya. Dengan kata lain, ia memberikan hartanya bukan untuk membalas kebaikan orang lain kepadanya. Akan tetapi ia melakukan hal ini: { ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْاَعْلٰى} “Karena mencari keridhaan Rabb-nya Yang Maha tinggi.” Yakni, karena hasrat agar bisa melihat Dzat-Nya di alam akhirat di taman Surga.

Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman, { وَلَسَوْفَ يَرْضٰى} “Dan niscaya kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).” Yakni, kelak orang yang memiliki sifat seperti itu akan merasa puas.

Sebab Turunnya Ayat, Dan Keutamaan Abu Bakar

Banyak ulama tafsir yang menyebutkan bahwa ayat-ayat ini turun berkenaan dengan Abu Bakar ash-Shiddiq Radiyallahu ‘anhu, bahkan sebagian ulama tafsir menyatakan adanya ijma’ dari para ahli tafsir atas perkara ini.

Tidak diragukan lagi bahwa Abu Bakar ash-Shiddiq Radiyallahu ‘anhu termasuk orang yang dituju dalam ayat ini. Ia termasuk salah seorang umat yang paling berhak mendapatkan keumuman ayat ini, karena (memang) lafaznya umum, yaitu firman Allah Subhanallahu wa ta’ala, { وَسَيُجَنَّبُهَا الْاَتْقَىالَّذِيْ يُؤْتِيْ مَالَهٗ يَتَزَكّٰى وَمَا لِاَحَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰىٓ} “Dan akan dijauhkan darinya (Neraka) orang yang paling bertakwa. Yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkan (dirinya). Dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya.”

Abu Bakar merupakan pelopor dan pendahulu umat ini dalam semua sifat tersebut dan sifat-sifat yang terpuji lainnya. Dialah orang yang sangat benar dalam ucapan dan tindakannya. Ia orang yang bertakwa, mulia, gemar bederma, dan suka membelanjakan harta bendanya dalam ketaatan kepada Rabb-nya, termasuk untuk menolong Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Berapa banyak dinar dan dirham yang telah ia infakkan demi mengharapkan ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala yang Maha Dermawan.

Tidak ada seorang pun yang mempunyai jasa baik kepada Abu Bakar, sehingga dia harus membalas budi kepadanya. Justru sebaliknya, ia mempunyai banyak jasa dan kebaikan kepada para tokoh dan pemimpin dari semua kabilah. Karena itulah, ‘Urwah bin Mas’ud, tokoh suku Tsaqif berkata kepadanya di hari perjanjian Hudaibiyah, “Demi Allah, seandainya engkau tidak mempunyai jasa baik atasku, di mana (sampai saat ini) aku belum bisa membalasnya kepadamu, niscaya aku akan menjawab ucapanmu.”

Saat itu Abu Bakar telah mengucapkan kata-kata keras kepadanya [Ketika ‘Urwah bin Mas’ud mengucapkan perkataan yang menghina Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, maka Abu Bakar membentaknya dengan ungkapan yang sangat keras, yakni, “Hisaplah kemaluan berhala Lata. Apakah (kamu mengira) bahwa kami akan lari meninggalkannya (Nabi)?” (Lihat tafsir surat al-Fath ketika menerangkan perdamaian Hudaibiyah)] Demikian tinggi kedudukan Abu Bakar di antara para tokoh pemuka Arab dan para pemimpin kabilah. Maka apalagi di hadapkan orang-orang selain tokoh dan pemimpin itu.

Karena itulah, Allah berfirman, { وَمَا لِاَحَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰىٓ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْاَعْلٰى وَلَسَوْفَ يَرْضٰى} “Dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya. Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Rabb-nya Yang Mahatinggi. Dan niscaya kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).”

Dalam Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَنْفَقَ زَوْجَيْنِ في سَبيلِ اللهِ نُودِيَ في الجَنَّةِ: يا عَبْدَ اللهِ، هذا خَيْرٌ

“Barangsiapa yang menginfakkan dua macam harta [Ibnu Hajar menerangkan bahwa maksud dari zaujaini adalah dua macam harta, apa pun bentuknya, dan meskipun dari satu macam harta, yang diinfakkan di jalan Allah Subhanallahu wa ta’ala. Lafzh az-zauj bisa mengandung arti satu, juga bisa diartikan dua. Dalam hadits ini, secara pasti mengandung makna satu. Jadi lafazh zaujaini dalam hadits ini buka berarti ‘dua pasang’, dan sepasangnya terdiri dari dua, sehingga jumlahnya menjadi empat. Tidak demikian. Yang benar arti zaujaini di sini adalah dua macam harta] maka para Malaikat penjaga Surga memanggilnya, ‘Wahai hamba Allah, inilah suatu kebaikan yang utama.”

Abu Bakar bertanya, “Wahai Rasulullah, seseorang mungkin dipanggil oleh seorang Malaikat penjaga Surga, lalu apakah ada seseprang yang dipanggil oleh seluruh Malaikat penjaga Surga?” Beliau menjawab:

نَعَمْ، وَأَرجُو أَنْ تَكُونَ مِنْهُمْ

“Ya, dan aku berharap engkau termasuk salah seorang di antara mereka.”

Demikianlah akhir tafsir surat al-Lail. Hanya milik Allah Subhanallahu wa ta’ala lah segala puji dan anugerah.

 

 

 

 

 

Disalin ulang dari:  Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 9, Cetakan ke-sembilan Muharram 1435 H – November 2013 M, Pustaka Ibnu Umar Jakarta

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker