BERITAKegiatan TKITTKIT

Pembiasaan Ibadah Sejak Dini di TKIT Assunnah Cirebon

Pembiasaan Ibadah Sejak Dini di TKIT Assunnah Cirebon

TKIT Assunnah merupakan salah satu lembaga Islam pendidikan anak usia dini di kota Cirebon. Selain pembelajarannnya menggunakan kurikulum nasional juga menggunakan muatan-muatan lokal di antaranya pembelajaran ibadah (wudhu, sholat), hafalan hadist, doa-doa harian, bahasa Arab, pembelajaran membaca dan menghafal Al-Quran.

Setiap Orang tua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak yang sholih dan sholihah. Berawal dari keinginan tersebut lembaga TKIT Assunnah mempunyai visi menyiapkan anak usia dini menjadi generasi yang qurani, cerdas, berakhlakul karimah serta dapat mengamalkan ibadah sesuai Qur’an dan Sunnah.

Oleh karena itu anak-anak di TKIT Assunnah dikenalkan pembelajaran ibadah sejak dini. Seperti tata cara berwudhu dan bacaan serta gerakan sholat sejak di kelompok A. Adapun untuk pembiasaan sholat dilaksanakan ketika teori sudah diberikan dan dipraktikan secara bertahap.

Contohnya anak-anak kelompok B1 pada Rabu, 02 Maret 2022 melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha di kelas secara sendiri-sendiri. Sebelum melaksanakan sholat Dhuha anak berwudhu sesuai yang dicontohkan Rosulullah. Setelah Sholat Dhuha anak-anak melanjutkan menghafal doa-doa harian dan surat-surat pendek dalam Al-Quran kemudian Sholat Dzuhur secara berjamaah di kelas.

Tujuan dari pembelajaran sholat di TKIT Assunnah adalah untuk mengenalkan dan membiasakan anak sholat sejak dini sesuai Al-Quran dan Sunnah agar kelak anak terbiasa sholat tepat waktu dan juga dapat menumbuhkan karakter baik atau Akhlakul Karimah pada anak. Dalam sebuah Hadis Rosulullah: Ajarilah anak-anakmu sholat ketika usianya tujuh tahun ( HR. Ahmad, Abu Daud dan Al Hakim).

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker