AqidahARTIKEL

Pasal Kelima : Beriman Kepada Para Malaikat

Pasal Kelima:

Beriman Kepada Para Malaikat

 

Seorang Muslim beriman kepada malaikat-malaikat Allah. Dia meyakini bahwa mereka merupakan makhluk Allah yang paling mulia, hamba-hamba Allah yang dimuliakan. Mereka diciptakan dari nur (cahaya), sedangkan manusia diciptakan dari tanah kering seperti tem- bikar dan jin diciptakan dari nyala api. Beriman bahwasanya Allah Subhanallahu wa ta’ala telah memberi mereka tugas-tugas, dan mereka pun melaksanakan- nya. Di antara para malaikat itu ada yang bertugas menjaga manusia dan ada juga yang bertugas mencatat amal perbuatannya. Ada pula yang bertugas mengurus surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya, ada pula yang mengurus neraka dengan segala azab yang ada padanya, dan ada pula yang tugasnya hanya bertasbih, menyuci- kan dan memuji Allah sepanjang siang dan malam, tidak pernah jemu.

Seorang Muslim juga berkeyakinan bahwa Allah Subhanallahu wa ta’ala telah mem- berikan kelebihan kepada sebagian di antara mereka, maka di antara mereka ada para malaikat muqarrabun (yang didekatkan kepadaNya) seperti malaikat Jibril, Mika il dan Israfil, sedangkan yang lainnya berada pada deretan berikutnya.

Keyakinan yang demikian itu dimiliki oleh seorang Muslim berkat hidayah Allah kepadanya. Ini yang pertama, dan karena dalil-dalil naqli dan ‘aqli berikut ini:

> Dalil-dalil Naqli

  1. Perintah Allah agar beriman kepada para malaikat dan informasi dariNya tentang mereka, seperti tertera di dalam FirmanNya,

وَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

“Dan barangsiapa yang kafir (tidak beriman) kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya dan Hari Kemudian, maka sungguh orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”
(An-Nisa: 136).

Dan FirmanNya,

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّلّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَرُسُلِهٖ وَجِبْرِيْلَ وَمِيْكٰىلَ فَاِنَّ اللّٰهَ عَدُوٌّ لِّلْكٰفِرِيْنَ

“Barangsiapa yamg menjadi musuh bagi Allah, malaikat-malaikatNya, rasul-rasulNya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.”
(Al-Baqarah: 98).

Dan FirmanNya,

لَنْ يَّسْتَنْكِفَ الْمَسِيْحُ اَنْ يَّكُوْنَ عَبْدًا لِّلّٰهِ وَلَا الْمَلٰۤىِٕكَةُ الْمُقَرَّبُوْنَۗ وَمَنْ يَّسْتَنْكِفْ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَيَسْتَكْبِرْ فَسَيَحْشُرُهُمْ اِلَيْهِ جَمِيْعًا

“Al-Masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah, dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat yang terdekat (kepada Allah). Barangsiapa yang enggan däri menyembahNya dan menyombongkan diri, nanti Allah akan mengumpulkan mereka semua kepadanya.”
(An-Nisa”: 172).

FirmanNya pula,

وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَىِٕذٍ ثَمٰنِيَةٌ

“Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arasy Rabb- mu di atas (kepala) mereka.”
(Al-Haqqah: 17).

FirmanNya,

وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً

“Dan Kami tidak menjadikan penjaga neraka itu kecuali dari malaikat.”
(Al-Muddatstsir: 31).

FirmanNya,

وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ يَدْخُلُوْنَ عَلَيْهِمْ مِّنْ كُلِّ بَابٍ، سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ

“Sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan), ‘Salamun ‘alaikum bima Shabartum (keselamatan atasmu berkat kesabaranmu).”
(Ar-Ra’d: 23-24).

Di dalam ayat lain juga Dia berfirman,

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

“Ingatlah ketika Rabbmu berfirman kepada para Malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.’ Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan menyucikanMu? Rabb berfirman, ‘Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’.”
(Al-Baqarah: 30).

  1. Berita dari Rasulullah tentang mereka berdasarkan sabdanya dalam doanya ketika shalat malam:

اللَّهمَّ ربَّ جِبْرِيلَ وَمِيْكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمواتِ والأرضِ ، عالمَ الغيبِ والشَّهادةِ ، أنتَ تحْكمُ بينَ عبادِكَ فيما كانوا فيهِ يختلفونَ ، اللَّهمَّ اهدني لما اختلفَ فيهِ منَ الحقِّ إنَّكَ تَهدي من تشاءُ إلى صراطٍ مستقيمٍ

“Ya Allah, Rabb bagi Jibril, Mikail dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Yang Maha Mengetahui alam ghaib dan alam nyata, Engkaulah yang akan memberikan keputusan di antara hamba-hambaMu di dalam apa yang mereka perselisihkan. Tunjukkanlah aku, dengan izinMu, kepada kebenaran yang diperselisihkan itu. Sesungguhnya Engkau-lah yang dapat memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus.”

Beliau bersabda,

أَطَّتِ السَّماءُ وحُقَّ لَهَا أَن تَئطَّ إنَّهُ لَيْسَ فيها مَوضعُ قدمٍ إِلَّا عَلَيْهِ ملَكٌ سَاجِدٌ

“Langit berbunyi (bagaikan bunyi unta yang menanggung beban berat), dan sangat layak baginya untuk berbunyi seperti itu. Tidaklah di dalamnya ada tempat seluas empat jari, melainkan pasti ada malaikat yang sedang sujud.”

إِنَّ الْبَيْتَ الْمَعْمُوْرَ يَدْخُلُهُ كُل يَوْمٍ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ ثُمَّ لَا يَعُوْدُوْنَ

“Sesungguhnya Baitul Ma’mur [Baitul Ma’mur: Sebuah Masjid di langit ketujuh yang dikelilingi malaikat yang letaknya sejajar dengan Ka’bah, (Ed.T).] itu, setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, lalu mereka tidak kembali lagi.”

إذا كان يوم الجمعة كان على كل باب من أبواب المسجد ملائكة يكتبون الأول فالأول فإذا جلس الإمام طووا الصحف وجاءوا يستمعون الذكر

“Apabila Hari Jum’at tiba, maka pada setiap pintu masjid ada malai- kat yang mencatat setiap orang masuk yang paling awal, lalu yang lebih awal (daripada yang setelahnya). Lalu apabila imam telah duduk (di mimbar), maka mereka menutup lembaran-lembaran catatan itu dan mereka turut datang untuk mendengarkan nasihat (khutbah).”

أَحْيَانًا يتمثَّل لي الملَكُ رجلًا فيكلِّمُني ، فَأَعِيْ مَا يَقُوْلُ.

“Kadang-kadang malaikat Jibril tampak kepadaku (dalam bentuk manusia), lalu ia berbicara kepadaku, dan aku pun menyadari apa yang ia katakan. “

يَتَعَا قَبُوْنَ فِيْكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَ مَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ

“Para malaikat malam dan malaikat siang itu bergantian mengawasi kalian. “

خُلِقَ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُوْرٍ وَ خُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَ خُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ.

“Malaikat diciptakan dari nur (cahaya), jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian.”

  1. Penglihatan sejumlah besar para sahabat Nabi kepada malaikat di dalam Perang Badar; juga penglihatan mereka secara kolektif tidak hanya satu kali kepada malaikat Jibril , pembawa wahyu yang terpercaya, di mana kadang-kadang Jibril datang dalam rupa saha- bat nabi yang bernama Dihyah al-Kalbi, maka dari itu mereka dapat menyaksikannya. Di antara riwayat yang paling masyhur dalam hal ini adalah hadits Umar bin al-Khaththab yang di dalamnya disebut- kan sabda Rasulullah , “Apakah kalian mengetahui siapa gerangan orang yang bertanya tauti?” Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu.” Rasulullah bersabda, “Dia adalah Jibril, ia datang kepada kalian untuk mengajarkan kepada kalian tentang Din (agama) kalian.”
  2. Berimannya milyaran manusia pengikut para rasul pada setiap zaman dan tempat kepada para malaikat. Mereka meyakini dan membenarkan apa yang diberitakan oleh para rasul tentang malaikat tanpa keraguan sedikit pun.

>Dalil-dalil ‘Aqli

  1. Sesungguhnya akal sehat tidak akan mengingkari wujud malaikat dan tidak akan menafikannya. Sebab akal tidak akan mengingkari atau menafikan, kecuali apabila ada dua hal yang saling bertentangan, seperti sesuatu dikatakan ada dan tidak ada dalam waktu yang bersamaan, atau ada dua hal yang kontradiktif, seperti ada gelap dan terang secara bersamaan. Sedangkan beriman kepada malaikat sama sekali tidak demikian.
  2. Apabila sudah diakui bersama oleh segenap orang yang berakal bahwa adanya bekas (jejak) sesuatu menunjukkan adanya sesuatu tersebut, maka sesungguhnya para malaikat mempunyai banyak bekas dan tanda yang memastikan wujud mereka dan menegaskannya. Di antaranya adalah:

Pertama, sampainya wahyu ilahi kepada para nabi dan para rasul. Sebab, kebanyakan wahyu itu sampai kepada mereka melalui ar-Ruh al-Amin, yaitu malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu. Ini adalah bekas atau tanda yang sangat jelas, tidak dapat diingkari. Ini membuktikan dan menegaskan akan adanya malaikat.

Kedua, kematian manusia karena ruhnya dicabut, juga merupakan tanda yang sangat jelas yang membuktikan eksistensi malaikat maut (malaikat pencabut nyawa) dan para pembantunya, sebagaimana Firman Allah Subhanallahu wa ta’ala,

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ

“Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa-mu) akan mematikan kamu’.”
(As-Sajdah: 11).

Ketiga, terjaganya manusia dari gangguan dan kejahatan jin dan setan sepanjang hidupnya, padahal manusia hidup di sekeliling mereka dan mereka dapat melihatnya, namun manusia tidak dapat melihatnya. Jin dan setan dapat menyakiti dan mengganggu manusia, sedangkan manusia tidak dapat menyakiti atau mengganggu mereka atau menolak kejahatan mereka, Itu semua merupakan bukti akan adanya malaikat penjaga manusia. Mereka selalu memelihara manusia dan melindunginya. Allah Subhanallahu wa ta’ala berfirman,

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah.”
(Ar-Ra’d: 11).

  1. Tidak dapat melihat sesuatu karena kelemahan pandangan mata atau karena tidak mempunyai kesiapan yang sempurna untuk melihat sesuatu itu tidak menafikan wujud sesuatu tersebut. Sebab banyak sekali sesuatu yang ada di alam nyata ini yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata, namun kini bisa dilihat jelas dengan menggunakan kaca pembesar (mikroskop).

 

 

Disalin ulang dari: Kitab Minhajul Muslim Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jajairi Edisi Indonesia, Cetakan XV Jumadil ula 1437H/2016M, Darul Haq Jakarta

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker