ARTIKELMutiara Nasihat

Cabutan ketiak di Majlis ini lebih baik

Cabutan ketiak di Majlis ini lebih baik ..

 

ولما دخل سليمان بن مهران الأعمش البصرة؛ نظر إلى قاص يقص في المسجد، فقال: حدثنا الأعمش عن أبي إسحاق، وحدثنا الأعمش عن أبي وائل 

قال: ” فتوسط الأعمش الحلقة، ورفع يديه، وجعل ينتف شعر إبطيه! فقال له القاص: يا شيخ! ألا تستحي؟ نحن في علم وأنت تفعل هذا؟! فقال الأعمش: الذي أنا فيه خير من الذي أنت فيه. قال: كيف ذلك؟ قال: لأني في سنة وأنت في كذب، أنا الأعمش، وما حدثتك مما تقول شيئا! !

فلما سمع الناس ذكر الأعمش؛ انفضوا عن القاص، واجتمعوا حوله، وقالوا: حدثنا يا أبا محمد! 

 

Ketika Sulaimān bin Mihrān al-A’masy masuk ke Negeri Bashrah, ia melihat ada seorang tukang cerita yang sedang bercerita di dalam masjid, Tukang cerita tersebut berkata, “al-A’masy menyampaikan kepadaku dari Abu Ishāq, dan al-A’masy menyampaikan kepadaku dari Abu Wāil …”

 

Maka al-A’masy pun beralih ke tengah halaqah, dan mengangkat tangannya, lalu mencabut bulu ketiaknya (di tengah-tengah halaqah tersebut).

 

Tukang cerita tersebut pun berkata kepada al-A’masy (dan ia tidak tahu bahwa orang itu adalah al-A’masy), “Yaa Syaikh !!, Apakah engkau tidak malu ?!, Kami sedang berada di dalam majelis ilmu, lalu engkau melakukan hal demikian (mencabut bulu ketiak) ?!”

 

Maka al-A’masy pun mengatakan, “Apa yang aku lakukan ini jauh lebih baik daripada apa yang kau lakukan tersebut !!”

 

Tukang cerita itu bertanya, “Bagaimana bisa?”,

 

Al-A’masy menjawab, “Karena aku sedang mengamalkan sunnah, sedangkan engkau sedang berdusta, aku ini adalah al-A’masy, dan aku tidak pernah menyampaikan apa-apa kepadamu sebagaimana yang engkau katakan tadi..!!”

 

Ketika manusia mendengar al-A’masy, manusia pun berpaling dari tukang cerita tersebut, dan berkumpul mengelilingi al-A’masy, mereka pun berkata, “Sampaikan kepada kami (sebuah hadits) wahai Abū Muhammad !”

 

[Al-Hawādits wal Bida’, hl. 111-112]

Oleh : Nur Muhammad Iskandar

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker