Tentang Kami

Sejarah Yayasan Assunnah Cirebon

 

Yayasan Assunnah Cirebon merupakan Yayasan Islam yang beralamat di Jalan Kalitanjung No 52B, Cirebon. Berdiri sejak tahun 1993, keberadaan Yayasan As-Sunnah diinisiasi oleh tokoh dan sesepuh dakwah di Cirebon, yang dimotori oleh Ustadz Ali Hijrah (rahimahullah), Bpk Agus Setiawan (rahimahullah) dan Bpk Andi Sutoro (rahimahullah).

 

Semenjak berdirinya, Yayasan Assunnah menjadi sebuah wadah untuk beberapa kegiatan utama, khususnya bagi kaum muslimin yang ada di wilayah III Cirrebon. Ada tiga kegiatan utama yang menjadi garapan dari Yayasan Assunah ; Dakwah, Pendidikan dan Sosial.

 

Adapun visi dari Yayasan Assunnah adalah terbentuknya masyarakat yang taat beribadah kepada Allah Ta’ala berdasarkan Al-Quran dan Sunnah, sesuai dengan pemahaman para Salaf As-Shalih.

 

Pendidikan di Yayasan Assunnah Cirebon

 

Di awal berdirinya, kegiatan yang dilakukan Yayasan Assunnah hanya berkisar di halaqah-halaqah ta’lim dan pengajian rutin. Selain itu, ada pula kajian bahasa arab yang mulai di galakkan di beberapa tempat binaan dari Yayasan Assunnah.

 

Setelahnya, dengan berbagai kendala dan kesulitan yang dihadapi, Yayasan Assunnah berhasil mendirikan sekolah pertama dengan jenjang pendidikan anak, yaitu TKIT Assunnah yang berdiri di tahun 1995. Hanya satu tahun berselang, berdirilah SDIT As-Sunnah pada tahun 1996.

 

Di tahun 2004, jenjang pendidikan di Yayasan Assunnah semakin bertambah dengan adanya MTs Assunnah. MA Assunnah kemudian menyusul di tahun 2009.

 

Hingga Tahun Ajaran 2017/2018, jenjang pendidikan di Yayasan Assunnah sudah sangat bervariasi dari mulai Playgroup, TKIT, SDIT, MTs dan MA Assunnah. Selain itu ada pula program pendidikan setingkat DII untuk kaderisasi da’i yang dikemas dalam Program I’dad Duat. Program ini diperuntukkan bagi laki-laki lulusan SMA/sederajat. Adapun untuk perempuan, Yayasan Assunnah juga memiliki program Tarbiyatun Nisa.

 

Dari semua jenjang pendidikan tersebut, jumlah peserta didik yang berada di bawah naungan Yayasan Assunnah Cirebon berkisar 1500 orang.

 

Dakwah dan Sosial

 

Selain pendidikan, kegiatan Yayasan Assunnah juga bersinggungan dengan Dakwah dan Sosial. Banyak program dakwah yang telah dilakukan Yayasan Assunnah seperti Kajian Ilmiyah Islam, Konsultasi Agama, Penyebaran Khatib Jumat dan Da’i untuk pengajian, Buka Puasa Bersama, Pesantren Mahasiswa (PASMA), Radio Dakwah KITA FM dan masih banyak program lainnya.

 

Adapun kegiatan sosial, diantaranya adalah penyembelihan hewan kurban, khitanan massal, donor darah dan baksos, penyaluran bantuan bencana alam dan juga pembagian buku-buku keislaman untuk perpustakaan.

 

Saat ini, Yayasan Assunnah Cirebon dipimpin oleh Ustadz Muhammad Thoharo, Lc, seorang dai senior lulusan Universitas Islam Madinah. Dalam kegiatannya, Ustadz Muhammad Thoharo dibantu dengan beberapa pengurus harian dan staf Yayasan.