BeritaHome

Sambut Ramadhan, Yayasan As-Sunnah Cirebon Gelar Rangkaian Acara Dakwah dan Sosial

CIREBON – Jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H, Yayasan As-Sunnah Cirebon menggelar acara “Semarak Ramadhan ” untuk waga kaum muslimin di wilayah Cirebon dan sekitarnya. “Semarak Ramadhan” sendiri merupakan rangkaian acara dakwah dan sosial Yayasan As-Sunnah dan merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun.

“Kegiatan ini merupakan motivasi bagi kita semua, khususnya ketika kita sudah dekat dengan bulan Ramadhan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk lebih mengenalkan Yayasan As-Sunnah kepada masyarakat luar,” ujar Ketua Yayasan As-Sunnah Cirebon, ustadz Said Riyana ketika memberikan sambutannya.

Selain memberikan sambutan, ustadz Said Riyana juga sekaligus membuka dan meresmikan acara “Semarak Ramadhan 1440 H”.

“Momen seperti ini jangan disia-siakan oleh kita. Semoga kita dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan diberikan keberkahan, kemudahan dan kelancaran sampai akhir,” tambah ustadz Said.

Acara dipusatkan di Masjid Jami’ As-Sunnah dan sekitarnya, dimana salah satunya adalah acara Tabligh Akbar bertemakan “Bersatulah Kaum Muslimin” dengan pemateri Ustadz Muhammad Wujud, Rabu (1/5/2019).

Dalam pemaparannya, Ustadz Muhammad Wujud menyampaikan agar kita banyak-banyak bersyukur atas nikmat iman dan islam yang ada pada diri kita.

“Berapa jarak rumah kita dengan tempat diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Tidak kurang 10 ribu km. Berapa jarak waktu kita dengan diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? 1440 tahun kurang lebih. Tetapi kita dipilih oleh Allah untuk bisa melafalkan dua kalimat syahadat,” terang ustadz Wujud.

Lantas, Ustadz Wujud mengingatkan tentang kunci persatuan kaum muslimin.

“Kalau dua kalimat syahadat ini sudah kita pahami dengan baik, maka persatuan yang kita harapkan, pasti akan terwujud. Tetapi manakala kita belum memahami dengan baik dua kalimat syahadat yang kita ikrarkan, upaya apapun yang menjadikan kita untuk bersatu, jauh kemungkinannya untuk bisa diraih,” tambahnya lagi.

Ragam Kegiatan

Selain Tabligh Akbar, masih banyak rangkaian acara lain yang ada dalam kegiatan “Semarak Ramadhan”. Donor darah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan As-Sunnah dan disinergikan dengan PMI Kota Cirebon.

“Tujuan dari kegiatan donor darah ini sendiri tentu saja untuk ikut membantu sesama (kemanusiaan, red). Alhamdulillah, ada 95 orang yang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya. Semoga bermanfaat,” kata H Udung, salah satu penanggung jawab acara sosial “Semarak Ramadhan”.

Untuk diinformasikan, selain Tabligh Akbar dan Donor Darah, masih banyak lagi rangkaian acara yang diselenggarakan, seperti pengobatan gratis untuk 200 peserta (Kamis, 2/5/2019), Pembagian Sembako (Jumat, 3/5/2019), Khitanan masal (Sabtu, 4/5/2019).

“Terimakasih kami sampaikan kepada siapapun yang terlibat dalam kegiatan ini, baik para donatur, tenaga medis, panitia ataupun yang lainnya. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih semarak lagi,” tambah H Udung. (arc)

Comment here