Menjaga Keikhlasan, Ulama Ini Shalat Sunnah di Masjid Cuma Sekali Seumur Hidup

Oleh : Kang Diding

 

Ada yang menarik dari kisah hidup Ar-Rabi’. Bakr bin Ma’iz meriwayatkan bahwa Ar-Rabi’ tidak pernah kelihatan mengerjakan shalat sunnah di masjid kecuali hanya sekali seumur hidup.

Demikian yang diceritakan oleh Syaikh Abdul Aziz dalam bukunya “Aina Nahnu Min Akhlaqis Salaf” atau yang sudah diterjemahkan dengan judul “Meneladani Akhlak Generasi Terbaik”. Kisah tersebut diceritakan Syaikh Abdul Aziz dalam bukunya dalam bab kejujuran dan keikhlasan.

 

“Sesungguhnya amal perbuatan Ar-Rabi’ semuanya dilakukan dengan diam-diam. Kalau ada seseorang yang melihat beliau sedang membaca Al-Quran, beliau segera menutupi mushaf dengan bajunya” kata Sufyan, seorang ulama lainnya yang sezaman dengan Ar-Rabi’.
Hal itu dilakukan Ar-Rabi karena beliau ingin agar segala sesuatu yang ia lakukan itu karena Allah. Menurut Ar-Rabi’, segala sesuatu yang dilakukan bukan karena Allah, maka akan sia-sia dan sirna belaka.

 

Keikhlasan merupakan satu hal yang teramat penting dari amalan kebaikan seorang hamba. Bahkan dulu, Husain Bin Ali Bin Abi Thalib sering memanggul beras untuk disedekahkan diam-diam pada malam hari di Kota Madinah dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali saat orang-orang memandikan jenazah beliau. Hal itu diketahui karena terlihat ada bekas-bekas menghitam dipunggungnya.

 

Kisah menakjubkan lainnya yang disebutkan dalam buku “Meneladani Akhlak Generasi terbaik” adalah kisahnya Abdullah ibnul Mubarak. Suatu kali, Abdullah ibnul Mubarak mengikuti sebuah peperangan dan mengalahkan enam orang kafir dalam perang satu lawan satu. Setelahnya, tiba-tiba dia menghilang dari kancah pertarungan. Abdullah ibnul Mubarak bahkan berpesan kepada orang yang melihatnya agar tidak menceritakan peristiwa tersebut kepada orang lain selama dia masih hidup.

 

Sebagaimana yang dituliskan sebelumnya, bahwa pembahasan akhlak akan menjadi pembahasan yang kami tuliskan secara berseri. Adapun materinya, kami ambil dari buku luar biasa, yang berisikan kisah-kisah teladan akhlak generasi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *