Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, Lc, MA : Islam Adalah Agama Kebaikan

CIREBON – Sekitar sepuluh ribu kaum muslimin di wilayah III Cirebon memadati Masjid Ponpes Assunnah Cirebon, Sabtu (17/2/2018). Kehadiran kaum muslimin ini dalam rangka mengikuti acara Tabligh Akbar dan mendengarkan taushiyah dari Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah.

 

Mengambil tema “Agama Adalah Nasihat”, Ustadz Dr Syafiq Basalamah menyebut bahwa ajaran agama Islam merupakan ajaran agama yang sempurna. Ustadz Syafiq, -begitu beliau biasa disapa, kemudian menukil firman Allah dari Surat Al-Maidah ayat 3.

 

Selanjutnya, Ustadz Syafiq menerangkan kepada jamaah bahwa ajaran agama Islam ini seluruhnya berisikan kebaikan. Karenanya, sangat keliru jika ada orang yang mengatasnamakan agama Islam untuk berbuat kerusakan dan keburukan.

“Agama adalah nasihat. Nasihat adalah seseorang menginginkan kebaikan untuk orang yang lainnya,” terang ustadz Syafiq.

 

Setelahnya, Ustadz Syafiq memaparkan hadits yang diriwayatkan dari sahabat Tamim bin Aus Ad-Dary, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut bahwa agama adalah nasihat, baik itu nasihat kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin dan juga kaum muslimin secara keseluruhan.

 

Maksud nasihat kepada Allah, lanjut Ustadz Syafiq, adalah seseorang betul-betul beriman kepada-Nya, mengakui bahwa Allah adalah Rabb dan Pencipta segala sesuatu, beribadah kepada-Nya dan memberikan kecintaan untuk-Nya.

 

Sedangkan nasihat untuk kitab-Nya, maksudnya adalah dengan membaca, memahami, mentadabburi serta mengamalkan isi dan kandungan yang ada di dalamnya.

 

Setelahnya, dipaparkan juga makna dari nasihat kepada Rasul, yaitu dengan membenarkannya, beriman kepada segala syariat yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam serta mengamalkannya.

 

Terakhir, Ustadz Syafiq menjelaskan tentang nasihat untuk para pemimpin dan kaum muslimin secara keseluruhan.
Suasana kajian menjadi semakin menarik dengan adanya sesi tanya jawab. Terlebih, ketika Ustadz Syafiq membagi-bagikan doorprize dan buku kepada beberapa jamaah yang berhasil menjawab pertanyaan. Sekitar pukul 17.45, acara Tabligh Akbar ditutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *